Obat Batuk Tradisional Untuk Bayi

Sedih rasanya bila si kecil sedang sakit, apalagi sakit yang diderita berupa sakit batuk. Bisa dibayangkan betapa tersiksanya kita (orang tua) saat batuk, apalagi bayi? Beberapa hari ini Noofa sakit batuk, Alhamdulillahnya sih batuknya tidak disertai pilek, tapi sangat khawatir jelas yang Umy rasakan. Berangkat dari rasa khawatir yang menyelimuti kalbu, saya pun bertanya dengan ibu-ibu rumah tangga lainnya yang tentunya sudah lebih pengalaman dari saya. Mencoba mencari solusi sementara untuk mengobatinya dengan cara tradisional bukan medis ke dokter. Apa sih obat batuk tradisional yang aman untuk bayi? Sedangkan Noofa baru berusia 7 bulan. Alhamdulillah, saya pun mendapat jawaban dan beberapa saran dari mereka. Untuk lebih awet di ingatan dan mencegah penyakit lupa, sebaiknya saya tulis saja disini, mungkin suatu saat bisa bermanfaat untuk orang lain. Amin..
Noofa batuk-batuk
Berikut ini adalah obat batuk tradisional untuk bayi:
Bahan: 
  • Air jeruk nipis kira-kira 3 sendok makan
  • Madu murni kira-kira 4 sendok makan 
  • Air matang kurang lebih 4 sendok makan
Cara membuatnya:
Campurkan semua bahan menjadi satu lalu kukus sekitar 10 sampai 15 menit.

Aturan pakai:
Berikan ramuan setelah makan dengan dosis sebagai berikut;
  • Bayi umur 7-11 bulan, 2 - 3 kali sehari @ 1 sendok teh. 
  • Anak umur 1-3 tahun, 3 kali sehari @ 1 1/2 sendok teh.
Selain itu, saya selalu memberi ASI sebanyak mungkin dan memberi minum air putih hangat supaya dahaknya lama-lama bisa keluar. Jika tidak mendung atau hujan dan ada panas matahari pagi, saya jemur (dedeh) si kecil selama 30 menit dengan posisi telungkup sembari menepuk-nepuk punggungnya dengan lembut. 

InsyaAllah obat batuk tradisional ini tidak hanya bisa dikonsumsi oleh bayi saja, balita dan orang dewasa pun bisa menggunakan obat ini bilamana sedang batuk. Akan tetapi jika sakit batuknya tidak pula kunjung sembuh, sebaiknya diperiksakan ke dokter specialis. Semoga saja apa yang saya tulis disini bisa bermanfaat bagi semua. Amin :)

Seacrh post ini meliputi:
* Obat batuk tradisional
* Obat batuk tradisional untuk bayi dan balita
* Obat batuk tradisional untuk anak 
* Obat batuk tradisional yang aman

Komentar