Cara Melatih Bayi Supaya Cepat Merangkak

Assalamu'alaikum, Sahabat blogger..

Sekian lama Umy tak menengok blog ini karena suatu hal yang mengharuskan Umy berhenti sejenak atau hiatus untuk aktifitas ngeblog. Banyaakk sekali yang ingin Umy tulis di sini, tentang Noofa, sudah pasti tentang perkembangan Noofa. Lama tidak bersuara di sini, kini Noofa sudah setahun lhoo.. tepat Sabtu kemaren, 31 Agustus 2013. :)

Baiklah, Umy mau cerita saat Noofa usia 5 bulan. Di mana dulu Noofa sudah bisa gulang-guling dan merayap mundur. :) Sesekali Noofa bisa onggong-onggong memulai be;ajar posisi seperti merangkak, istilah Jawa ini agak susah menerjemahkannya. :)


Perkembangan milestone Noofa terbilang standar, normal pada usia umumnya, bahkan bisa dibilang cepat pada khususnya. Seperti merangkak, Noofa bisa merangkak di usia 6 bulan. Biasanya orang tua khawatir bila sampai usia 8 bulan si Bayi belum juga bisa merangkak, Ingat! perkembangan anak itu beda-beda, namun, menurut medis, milestone anak bisa dibilang bagus sesuai tahapan-tahapan setiap usianya. 

Dulu, umy menstimulasi Noofa supaya bisa merangkak, karena umy banyak baca, merangkak itu bisa mempengaruhi perkembangan otak si bayi, banyak sekali manfaat merangkak, salah satunya melatih kedua belahan otak. :) Alhamdulillah, Noofa bisa merangkak diusia 6 bulan.

Lalu, cara apa yang umy terapkan untuk menstimulasi Noofa supaya bisa merangkak?
  • Umy suka tengkurepin Noofa, dengan cara ini, Noofa akan berlatih mengangkat kepala, mengangkat tubuh, Noofa juga mau bergerak dengan perutnya.
  • Meletakkan bantal guling di depan Noofa saat di tengkurep. Saat itu Noofa sudah bisa merayap, namun belum begitu mahir mengangkat badan, mungkin karena Noofa gemuk kali ya? hehe.. Nah, umy naruh bantal guling di depan Noofa, saat dia merayap maju, maka bantal guling bisa melatih Noofa mengangkat badan, dan dia akan tetap bergerak maju. Ibaratnya, bantal guling seperti rintangan yang harus dilalui Noofa. :)
  • Meletakkan mainan yang warna warni dihadapan Noofa. Nah, biasanya Noofa akan maju melewati bantal guling karena dia tertarik mau mengambil mainan yang warna warni.
  • Hindari Baby Walker, Stroller dan jangan sering digendong. Selain Umy tidak punya anggaran untuk beli baby walker dan stroller, umy juga jarang menggendong Noofa, dia anak yang tidak betah digendong, maunya turun melantai, jadi.. memang bagus juga untuk merangsang dia bergerak untuk merangkak, yang pasti lantai harus dalam keadaan bersih, bisa juga menggunakan kasur lantai (matras), dan hindarkan dari barang tajam yang berbahaya.
  • Memijatnya, yaa.. banyaknya bergerak membuat Noofa capek, Umy suka pijat lembut dia ketika seharian bermain dan belajar untuk merangkak. 
  • Umy memberi dia contoh merangkak yang benar, umy memang suka merangkak dihadapan Noofa, meskipun dia belum bisa ngomong, tapi dengan mencontohkan kepadanya bagaimana merangkak itu juga bisa merangsang Noofa mau ikut memposisikan diri untuk merangkak.
  • Jangan terlalu dipaksa, kasian kan kalo si anak belum mampu namun dipaksa untuk merangkak, menstimulasi pelan-pelan saja, jangan terlalu tergesa-gesa. supaya si anak juga menikmati masa-masa belajar dan perkembangannya.
  • berpositive thinking lah, bila anak kita mampu melakukannya. :)
 Semoga Tips diatas dapat bermanfaat ya. Umy hanya berbagi apa yang pernah umy terapkan saat itu. Alhamdulillah Noofa bisa berkembang dengan baik, aktif dan smart.


Komentar