Kapan Bayi Noofa Mulai Merangkak?


Noofa adalah bayi imut dari pasangan Aby Fauzul Andim dan Umy Noorma, dia lahir di Pekakongan, 31 Agustus 2012. Seiring bertambahnya usia Noofa maka perkembangan Noofa pun semakin bertambah. Kapan sih Noofa mulai belajar merangkak sampai akhirnya Noofa benar-benar bisa merangkak? Pada umumnya, perkembangan setiap bayi itu berbeda-beda. Ada yang cepat dan ada yang lambat, contoh ada bayi yang bisa merangkak diusia 7 bulan, ada juga yang bisa merangkak di usia 9 bulan.

Menurut Dokter Specialis Anak Mohammad Muchlis pada umumnya milestone perkembangan motorik bayi sampai umur 1 tahun antara lain:
  1. usia 3 bulan: miring2,
  2. usia 4 bulan: tengkurap,
  3. usia 5 bulan: tengkurap bolak-balik,
  4. usia 6-8 bulan: kemampuan anak berguling, merayap maju/mundur, angkat dada, menegakkan kepala dan tubuh saat didudukkan,
  5. usia 9-10 bulan: duduk sendiri/merangkak, dan
  6. usia 11-12 bulan: berdiri rambatan dan berjalan.
Namun, perkembangan Noofa terbilang cepat. Noofa bisa tengkurep sendiri usia 3 bulan, bisa tengkurep bolak balik usia 4 bulan, bisa merayap maju dan mundur usia 5 bulan, mulai belajar merangkak usia 6-7 bulan. Jaman sekarang banyak sekali anak yang cepat perkembangannya, karena sekarang banyak orang tua sudah mehamami bagaimana menstimulus anaknya supaya bisa berkembang dengan baik. Yang terpenting adalah orang tua jangan pernah memaksa anak untuk bisa ini itu ketika belum waktunya, apalagi bila ada yang membanding-bandingkan bayi A dengan bayi B sedangkan perkembangannya memang berbeda.

awal Noofa mulai merangkak, awal April 2013
Biarkan anak belajar dengan proses untuk perkembangannya, bila tepat pada waktunya, pasti akan lebih sempurna dan anak akan merasa nyaman karena ia bisa dengan sendirinya. Seperti halnya Noofa yang sekarang sudah semakin pintar merangkaknya bahkan sedah bisa naik turun tangga untuk mengambil mainan yang dia inginkan. :)

Sehat selalu ya, Nak.. :)

Komentar