Baby Finger Foods

Postingan kali ini berjudul Baby Finger Foods. Umy akan sedikit bercerita tentang Noofa disini. Kata Baby Finger Foods berasal dari tiga kata yaitu; baby (bayi), Finger (jari) dan Foods (makanan), maksudnya adalah makanan kecil seukuran jari yang bisa dipegang oleh tangan (jari) bayi itu sendiri. makanan disini adalah makanan yang berukuran kecil yang bisa dipegang bayi, dijumut bahkan bisa dimasukkan ke mulut bayi itu sendiri. Sebenarnya finger food itu untuk bayi usia 7 bulan. Tapi, Umy sudah melatih Noofa untuk memegang buah atau makanan yang Noofa makan :)

Finger Food sangat bagus untuk melatih motorik halus sang buah hati. Selain itu juga bisa untuk melatih ketrampilan dan kemandirian si kecil untuk mengeksplorasi kemampuannya. Noofa sendiri sudah lumayan pintar makan sendiri, meskipun usianya baru 6+. Noofa baru makan buah-buahan, maka dari itu Umy mencoba melatih Noofa untuk memegang makanannya dan memakannya sendiri tanpa bantuan Umy. Alhamdulillah Noofa malah terlihat senang dan pandai makan sendiri. :)
Aduuhh.. pinternya anak Umy.. Mam jeruk sendiri sambil nonton TV ya :)

Jemarinya lentik banget, cantik :)
Sejak kenal makanan, Noofa juga sudah mulai merebut apa saja yang Umy makan, Noofa melihat tanpa berkedip ketika melihat siapapun yang di depannya sedang makan dan tangan dia berusaha merebut untuk dia dapatkan, hmmm... Selain buah jeruk, Noofa suka megang makanan, jarang sih yang dimakan dia, sekedar hanya menjadi teether untuk gigit-gigit dia karena giginya gatel sebentar lagi tumbuh.
Noofa mam Biskuit
Oiya, mungkin sebagian bunda malas kalau anaknya memagang makanan dan memakannya sendiri karena mereka tidak mau anaknya kotor karena makanan yang dia makan berantakan kemana-mana. Sebenarnya justru itulah yang bagus lho.. Bunda tidak usah buru-buru membersihkan tangan, pipi, mulut, baju, kursi ataupun lantai yang kotor terkena makanan, biarkan si kecil menikmatinya dulu. Si kecil sangat senang dan bangga lho bisa makan sendiri. Selain itu perhatikan makanan yang dipegang si bayi, layak atau tidak untuk dia makan. Kalau untuk usia 6+ , finger foods  yang baik untuk bayi adalah buah-buahan, seperti; pisang, irisan pepaya, jeruk baby, semangka, apel rebus, dan melon. Yang terpenting adalah makanan itu tidak terlalu besar ketika dipegang bayi sehingga si kecil tidak merasa susah untuk memegang. Untuk bayi yang sudah berusia 7-9 bulan, finger foodsnya sudah mulai bervariasi, seperti; sayuran rebus (wortel, buncis, dan kentang), potongan tahu yang sudah dikukus, potongan keju yang lunak, dan irisan daging ayam yang sudah direbus.

InsyaAllah, buah hati yang kita sayang akan tumbuh kembang dengan baik sesuai harapan Bundanya..

Salam MPASI :)  

Komentar