Makanan Pendamping ASI (MPASI) Untuk Bayi 6 Bulan

Hai Bunda Cantik...
Bila si kecil yang imut sudah berusia 6 bulan, saatnya bagi bunda untuk mengenalkan bayi kita kepada makanan-makanan pendamping ASI. bayi sebaiknya berlatih makan pertama kali dengan makanan-makanan lunak. dan sebaiknya bila pertama kali yang kita berikan kepada bayi kita adalah buah-buahan dengan cara membuat puree buah tersebut. 

Buah-buahan yang baik untuk bayi berusia 6 bulan sebagai berikut:
* Pisang Ambon
* Alpukat
* Pepaya
* Pir
* Apel
* Melon

Cara pengolahan:

  • Semua buah yang akan diberikan sebaiknya diblansir terlebih dahulu atau dimasak sebentar dalam air yang telah dididihkan sebelumnya, kecuali pisang dan avokad.
  • Haluskan buah yang telah diblansir dengan cara di blender atau di tumbuk, kemudian campurkan dengan ASI atau susu formula, agar tidak terlalu kental. Perbandingannya 1 bagian buah dan 1 bagian ASI. Misalnya, 100 gram buah dengan 100 cc ASI atau air susu. Bila ingin lebih cair lagi, untuk perkenalan awal dapat mencampurkan 100 gram buah dengan 200 cc ASI atau air susu.
  • Segera berikan makanan tersebut kepada bayi demi menghindari proses oksidasi.
  • Berikanlah makanan ini kepada bayi 1-2x sehari. Usahakan makanan yang dibuat adalah makanan yang baru. jadi, sekali bikin untuk sekali makan.
Noofa usia 6 bulan.

Nah, berilah bayi kita yang terbaik, seperti makanan-makanan buatan sendiri, bukan makanan-makanan instan. Supaya bayi kita menjadi sehat dengan tidak mengkonsumsi makanan bayi instan/siap saji.

SALAM PRO-ASI.

Komentar